Selasa, 26 Juli 2016

Cara Membuat Stempel Runaflek (Stempel Biasa)

Stempel Runaflek atau stempel biasa.  Stempel ini terbuat dari karet runaflek dengan pegangan (gagang) biasanya kayu dan selau ditemani bantal stempel untuk penggunaan ,stempel runaflek ini harganya cukup terjangkau dalam artian lebih murah ketimbang stempel warna atau stempel flash.

pada kesempatan ini saya ingin berbagi, Cara Membuat Stempel Runaflek (Stempel Biasa).

1. MEMBUAT DESAIN/KLISE STEMPEL


membuat desain stempel runaflek kurang lebih sama dengan membuat desain stempel flash yang sudah dibahas pada artikel Tutorial Cara Membuat Desain Stempel Flash sebelumnya  hanya ada satu perbedaan yaitu, pada stempel runaflek bagian yang tidak terkena tinta print (bagian yang berwarna putih) itulah yang akan menjadi timbul , dan stempel flash justru kebalikannya. seperti contoh pada gambar.







nah gini gan perbedaan desainnya. desain stempel runaflek latarnya hitam dan garis serta hurufnya berwarna putih. 






cara mudah menghitamkan desain stempel runaflek adalah dengan membuat lingkaran baru yang lebih besar dari ukuran desain stempel yang sudah agan buat lalu berilah warna putih pada lingkarang tersebut. selanjutnya tekan tombol Ctrl + End agar lingkaran yang baru agan buat berada diposisi belakang.  bloklah seluruh gambar/desain kemudian pilih menu Effects  (terletak paling atas aplikasi corel draw x7), Transform, Invert Colors.  jika sudah jadi, print hasil desain pada kertas kalkir mengggunakan printer laser jet.

2. PROSES PENYINARAN


proses penyinaran stempel runaflek ini ada dua cara yang bisa dilakukan yaitu penyinaran dengan terik matahari, dan penyinaran menggunakan lampu ultraviolet (UV). untuk lama proses penyinaran berdasarkan pengalaman, penyinaran dengan terik matahari lebih cepat sekitar 5 sampai 10 menit (tergantung teriknya matarahari) dan penyinaran menggunakan lampu Ultraviolet agak lama sekitar 15 sampai 20 menit (tergantung kualitas lampu). 


terlebih dahulu taruhlah klise yang telah dibuat. diatas kain yang telah diolesi bensin agar klise menjadi lebih hitam dan tidak berpori. 

gunting karet runaflek sesuai ukuran klise. lepaskan lapisan mika dan lapisan plastik tipis yang melekat pada karet, lalu rekatkan klise dengan posisi tinta/toner menempel langsung pada karet runaflek.

ururan posisi penyinaran karet runaflek





jepit karet menggunakan 2 buah kaca dengan ukuran panjang x lebar + 10x15 cm dan ketebalan + 5 mm (tergantung kaca yang sobat miliki) dengan urutan posisi :( kaca, gabus stempel, karet, klise, kaca ) jepit menggunakan penjepit kertas. jika sobat sudah mengatur urutan posisi dengan benar karet siap untuk penyinaran.






3. PROSES PENYIKATAN

masuk proses selanjutnya yaitu penyikatan. untuk memunculkan/menimbulkan bentuk huruf dan garis pada karet runaflek. terlebih dahulu siapkan : wadah (bisa menggunakan piring atau mangkok), kuas cat kecil atau sikat gigi, dan bensin. lepaskan klise yang menempel pada karet runaflek secara perlahan (jangan dipaksa), kemudian sikatlah karet pada wadah yang telah berisi bensin (bensin harus agak banyak), hal-hal yang harus diperhatikan dalam proses penyikatan ini yaitu, lakukan secara perlahan dan merata keseluruh bentuk stempel jagan terlalu ditekan, lakukan penyikatan  kisaran 10 sampai 15 detik saja sekiranya semua huruf dan garis sudah timbul. hentikan penyikatan lalu sinari (jemur) kembali karet runaflek diterik matahari atau menggunakan lampu ultraviolet (UV). sampai mengering/mengeras

4. PEMASANGAN KARET PADA GAGANG

proses terakhir yaitu memasang karet runafleks pada gagang stempel. gunting karet runaflek mengikuti pinggiran bentuk stempel. siapkan gagang sesuai ukuran karet stempel. bisa gagang jadi atau gagang polos (custom). lakukan pemasangan karet sesuai pada urutan gambar disamping.menggunakan lem castol atau fox untuk pemberian tanda depan stempel sobat bisa gunakan paku tindis. stempel pun jadi siap untuk digunakan

Label:

4 Komentar:

Pada 2 Juli 2018 pukul 20.50 , Blogger Pemula mengatakan...

Terima kasih admin ilmunya....

 
Pada 18 Februari 2019 pukul 02.02 , Blogger Unknown mengatakan...

Mohon solusinya, sy sdh melakukan sesuai dengan petunjuk tapi alhasil tulisannya nggak timbul keluar tapi kedalam

 
Pada 19 April 2019 pukul 02.37 , Blogger Jaya Setiawan Imanulah mengatakan...

mohon diperhatikan pada poin pertama
1. MEMBUAT DESAIN/KLISE STEMPEL

 
Pada 16 Juli 2019 pukul 06.27 , Blogger yakayareklame mengatakan...

Untuk menghasil kan cetakan stempel ada beberapa yang perlu diperhatikan.
Kualitas print serta ketepatan waktu penyinaran sangat mempengaruhi hasil cetakan.
silakan hubungi kami, jika membutuhkan bahan stempel

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda