Jumat, 22 Juli 2016

Langkah Awal Memulai Usaha Percetakan

Mungkin kamu bertanya-tanya dan masih bingung, gimana sih memulai usaha percetakan...?

ok. guys  pada kesempatan ini saya akan berbagi tips langkah awal memulai usaha percetakan,,dengan  modal yang tidak terlalu besar !!!

Banyak orang yang mempunyai hasrat atau keinginan untuk memulai berwirausaha, tapi kadang bingung memulainya. karena bingung bidang usaha apa yang hendak dijalankannya sampai terbentur masalah permodalan untuk memulai usahanya. Ada juga  orang yang kebetulan mempunyai cukup modal untuk membuka usahanya, tapi juga bingung harus memilih jenis usaha apa yang mau digarap olehnya. Banyak kondisi dan kombinasi situasi yang muncul tatkala suatu peluang usaha sudah ada di pelupuk mata, tapi tidak lekas disambar dan didayagunakan, salah satunya adalah PELUANG MEMULAI BISNIS USAHA PERCETAKAN.



Adapun beberapa tips memulai usaha percetakan  yang saya anjurkan berdasatkan pengalaman pribadi saya berikut tipsnya :

1. TEMPAT
tempat atau lokasi sangat berpengaruh apabila kita akan menjalankan suatu usaha, tempat yang strategis sangat menguntungkankan bagi kita ,,,khusunya kamu yang tinggal di daerah perkotaan disarankan untuk mencari tempat/lokasi dimana kamu akan membuka percetakan yang dekat dengan Kampus atau perkantoran,,karena kampus dan perkantoran sangat banyak membutuhkan jasa percetakan seperti pembuatan : ID Card, Print Dokumen, Name Tag, Penjilidan dan lain-lain.

2. PERALATAN
untuk langkah awal, kalian harus memilih peralatan yang murah akan tetapi bisa digunakan dengan maksimal, apa saja peralatannya berikut:

a. Komputer
komputer sangat penting apabila kita membuka usaha percetakan karena, komputer adalah pusat dari suatu usaha percetakan, dimana kita melakukan pekerjaan seperti : mendesain, pengetikan  dan pekerjaan lainnya membutuhkan komputer, akan tetapi harga komputer lumayan mahal.  bagi kamu yang masih terbatas oleh modal yang kamu miliki,,gunakanlan laptop untuk awal karena harga laptop lebih murah dibandingkan komputer

b. Print
gunakanlan print standar karena harganya lebih ekonomis bagi kamu pemula usaha percetakan,,seperti contoh canon ip2770  print merek ini harganya di bandrol sekitar Rp. 650 ribu-an saja  sangat ekonomis, dengan memiliki satu print ini saja kamu sudah bisa melakukan banyak pekerjaan, dimulai dari mencetak dokument sampai dengan mencetak undangan bisa dilakuan. sekedar info print merek ini,,ataupun merek canon lainnya menurut saya lebih unggul di bandingkan dengan merek epson,,,maaf yah epson bukan mau ngejelek-jelekin,,hehehe, karena print canon meskipun kertas yang kita akan cetak berukuran tebal print canon mampu mencetaknya, dan warna yang dicetakpun akan sama dengan warna asli yang berada dilayar komputer,, berbeda dengan print merek epson yang tidak bisa mencetak kertas ukuran yang lebih tebal dan hasil warna cetaknya pun agak berbeda dengan desain atau gambar yang telah kita buat dilayar komputer.

3. Laminating
laminating berguna untuk melakukan laminasi pada suatu pekerjaan seperti contoh pada proses pembuatan ID card  (adapun cara pembuatan ID card akan dibahas pada artikel berikutnya) dan masih banyak lagi pekerjaan yang membutuhkankan proses laminasi. laminating adalah alat yang cukup penting  dalam dunia percetakan, ada banyak jenis laminating dimulai dari harga ratusan ribu sampai juataan,,akan tetapi laminating yang saya gunakan harganya hanya Rp. 650 ribu saja,,

4. Plong ID Card
plong ID card adalah alat pemotong (finising) dari pembuatan ID Card

nah itu guys sedikit berbagi pengalaman pendirian usaha percetakan yang pernah saya lakukan,,hanya bermodal tempat dan peralatan yang yang tidak terlalu mahal. tapi bisa mendatang keuntungan yang lumayan...


Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda